Pengenalan Mikrotik

Sedikit Tentang Mikrotik

MikroTik adalah perusahaan Latvia yang didirikan pada tahun 1996 untuk mengembangkan sistem router dan ISP nirkabel. MikroTik sekarang menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk konektivitas Internet di sebagian besar negara di seluruh dunia.

Mikrotik berasal dari kata 'mikrotikls' yang mempunyai arti 'Network kecil' dalam bahasa Latvia. Mikrotik mempunyai motto 'Routing The World'.

Perbedaan Mikrotik Router OS dengan Mikrotik RouterBoard

Router OS

RouterOS merupakan Software Router untuk PC (x86, AMD, dll). RouterOS ini berupa sistem operasi berbasis linux yang kita install pada komputer (Personal Computer) yang mampu menjadikan sebuah PC (bahkan dengan spesifikasi yang rendah) menjadi sebuah Router yang handal dengan fitur yang lengkap.

RouterBoard

RouterBOARD merupakan hardware (Router) yang didesain oleh MikroTik. RouterBOARD memiliki beragam seri dan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan. RouterBOARD menggunakan RouterOS sebagai software / sistem operasinya.

Arti Kode Produk RouterBoard MikroTik

Routerboard MikroTik memiliki sistem kode tertentu. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
Keterangan :

RB merupakan singkatan dari RouterBoard.

Angka Pertama, pada gambar kebetulan yang tertera adalah angka 9. Ini megidetifikasikan seri atau kelas dari routerboard tersebut.

Angka Kedua, kode pada urutan kedua ini mewakili jumlah port wired yang ada pada routerboard. Pada gambar diatas posisi ini ditempati oleh angka 5. Hal ini menunjuka port wired pada produk
routerboard tersebut berjumlah 5.

Angka ketiga, kode ini mewakili slot PCI/Wireless yang ada pada routerboard mikrotik. Pada gambar di atas terisi oleh angka 1, yang berarti produk routerboard tersebut memiliki 1 buah slot PCI/Wireless.

Kode lainnya yang biasanya diletakkan dibelakan tipe dari router adalah sebagai berikut:

U – Dilengkapi dengan port USB
A – Advanced, biasanya di atas lisensi level 4
H – High perfomance, prosessor yang lebih tinggi
R – Dilengkapi wireless card embedded
G – Dilengkapi ehternet card Gigabit
P – Power Injection with controller
i – singel port power injection without controller
L – Paket hemat atau lite edition
S – SFP port
e – PCIe Interface extension card
x – dimana N adalah jumlah core CPU (x2, x16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel