Pengertian Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Pengertian Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Dalam topik ini Anda akan mempelajari Perangkat Keras (bagian fisik sistem komputer), Perangkat Lunak (sekumpulan instruksi atau program yang menjalankan perangkat keras) dan hubungannya.

Perangkat keras


Perangkat keras mengacu pada elemen fisik komputer. Ini juga kadang-kadang disebut mesin atau peralatan komputer. Contoh perangkat keras di komputer adalah keyboard, monitor, mouse, dan unit pengolah pusat .

 Namun, sebagian besar perangkat keras komputer tidak dapat dilihat; dengan kata lain, itu bukan elemen eksternal dari komputer, tetapi lebih dari satu internal, dikelilingi oleh casing komputer (menara).

Perangkat keras komputer terdiri dari banyak bagian yang berbeda, tetapi mungkin yang paling penting adalah motherboard . Motherboard ini terdiri dari lebih banyak bagian yang memberdayakan dan mengendalikan komputer.

Berbeda dengan perangkat lunak atau software , perangkat keras atau hardware adalah entitas yang fisik. Perangkat keras dan perangkat lunak saling terhubung, tanpa perangkat lunak, perangkat keras komputer tidak akan berfungsi. Namun, tanpa penciptaan perangkat keras untuk melakukan tugas-tugas yang diarahkan oleh perangkat lunak melalui unit pengolah pusat, perangkat lunak akan menjadi tidak berguna.

Perangkat keras terbatas pada tugas-tugas yang dirancang khusus, yang diambil secara mandiri, sangat sederhana. Perangkat lunak mengimplementasikan algoritma (solusi masalah) yang memungkinkan komputer menyelesaikan tugas yang jauh lebih rumit.

Perangkat lunak


Perangkat lunak , umumnya dikenal sebagai program atau aplikasi, terdiri dari semua instruksi yang memberi tahu perangkat keras tentang cara melakukan suatu tugas. Petunjuk ini berasal dari pengembang perangkat lunak dalam bentuk yang akan diterima oleh platform (sistem operasi + CPU) yang menjadi dasarnya.

Sebagai contoh, sebuah program yang dirancang untuk sistem operasi Windows hanya akan bekerja untuk sistem operasi tertentu. Kompatibilitas perangkat lunak akan bervariasi karena desain perangkat lunak dan sistem operasi berbeda. Perangkat lunak yang dirancang untuk Windows XP mungkin mengalami masalah kompatibilitas saat berjalan di bawah Windows 2000 atau NT.

Perangkat lunak mampu melakukan banyak tugas, dibandingkan dengan perangkat keras yang hanya dapat melakukan tugas-tugas mekanis yang dirancang untuknya. Perangkat lunak menyediakan sarana untuk menyelesaikan banyak tugas yang berbeda dengan perangkat keras dasar yang sama. Sistem komputer praktis membagi sistem perangkat lunak menjadi dua kelas utama:

  • Perangkat lunak sistem: Membantu menjalankan perangkat keras komputer dan sistem komputer itu sendiri. Perangkat lunak sistem termasuk sistem operasi, driver perangkat, alat diagnostik dan banyak lagi. Perangkat lunak sistem hampir selalu terinstal di komputer Anda.
  • Perangkat lunak aplikasi: Memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan satu atau beberapa tugas. Ini termasuk pengolah kata, penjelajahan web dan hampir semua tugas lain yang dapat Anda gunakan untuk menginstal perangkat lunak. (Beberapa perangkat lunak aplikasi sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar sistem komputer.)

Perangkat lunak umumnya dibuat (ditulis) dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang (kurang lebih) dapat dibaca oleh orang-orang. Instruksi tingkat tinggi ini diubah menjadi instruksi "bahasa mesin", diwakili dalam kode biner, sebelum perangkat keras dapat "menjalankan kode". Ketika Anda menginstal perangkat lunak, umumnya sudah ada dalam bahasa mesin ini, biner, formulir.

Firmware


Firmware adalah program tingkat rendah yang sangat spesifik untuk perangkat keras yang memungkinkannya menyelesaikan beberapa tugas tertentu. Program firmware (relatif) permanen, yaitu sulit atau tidak mungkin untuk diubah.

Dari tampilan perangkat lunak tingkat tinggi, firmware hanyalah bagian dari perangkat keras, meskipun ia menyediakan beberapa fungsi di luar perangkat keras sederhana.

Firmware adalah bagian dari perangkat (atau komponen perangkat) seperti kartu video, kartu suara, disk drive dan bahkan motherboard.

0 Response to "Pengertian Perangkat Keras dan Perangkat Lunak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel