Linux dan Distronya



Linux adalah nama dari sebuah Sistem Operasi (Operating System) yang bekerja secara Mulititasking dan Multiuser. Linux adalah tiruan atau turunan dari Sistem Operasi UNIX, Linux di kembangkan berdasarkan standar yang di miliki oleh UNIX

Linux di buat dan di kembangkan oleh Linus Trovalds, Nama Linux diambil dari nama pembuatnya yang di perkenalkan pada tahun 1991, Versi Linux yang petamakali di publikasikan pada 10 November 1991 adalah Linux 0.10, Kemudian diterbitkan versi 0.11 pada desember 1991, dan Kini Linux terus berkembang secara cepat karena Source code sistem operasi ini disebarluaskan dan dapat dimodifikasi serta dikembangkan oleh siapa saja.

Ada banyak Distro Linux, di antaranya :

RedHad



RedHad, merupakan distribusi pertama yang installasi dan pengoperasianya mudah. 

Debian



Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket
instalasi programnya.

Slackware 

Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji.

SUSE



SUSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.

Mandrake

Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggunakan pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake.

WinLinux 



WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows.

Dan masih banya Distro lainya yang bisa di cari di google.com

Keuntungan Menggunakan Linux :

Pertama, Linux adalah Sistem Operasi Open Source yang artinya bebas di download dan dimodifikasi sesuai keinginan serta dapat di kembangkan dan di sebarluaskan oleh siapa saja

Kedua, Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.

Ketiga, salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.

Ke empat, mendukung multiuser. Yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dakam sistem.

Ok, cukup sampai di sini post saya jangan lupa belajar Linux ya. Semoga bermanfaat bagi semua, Terimakasih....

0 Response to "Linux dan Distronya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel